Penduduk asli Jakarta adalah orang Betawi, yaitu masyarakat keturunan campuran dari ras dan suku yang berbeda-beda, yang menjadikan Jakarta menjadi rumahnya. Termasuk masyarakat yang terbiasa bicara terang-terangan dan demokratis, masyarakat Betawi menerima dan memahami baik budaya yang berbeda-beda dalam kesehariannya, sampai seni, musik dan tradisi. Bahasa Betawi tampak seperti campuran dari bahasa Malay asli dengan pemakaian beberapa kata-kata dari bahasa Sunda, bercampur lagi dengan kata-kata dari bahasa Jawa, Cina, India, Arab bahkan juga dari bahasa Belanda.

Busana pengantin perempuan Betawi mengadopsi tradisi dari Cina, yaitu busana berhias bordir  berwarrna merah dilengkapi dengan semacam kerudung dengan rumbai-rumbai warna keemasan.

Masyarakat Betawi juga menyerap jenis musik dari berbagai ras, seperti Kolonial Portugis, Belanda, Arab dan pedagang India, termasuk juga dari lingkungan terdekatnya yaitu Jawa barat dan tengah, yang kesemuanya memperkayanya.

Instrumen musik yang digunakan adalah trompet dari Sunda dan drum, sementara mereka juga mengadopsi trombone dan gitar dari Eropa dan instrumen Cina lainnya. Pengaruh yang kuat dari Portugis menjadikan musik bergenre keroncong menjadi musik masyarakat Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, terciptalah Tanjidor, yang menggunakan trombon, piston tenor dan klarinet. Genre ini konon berasal dari nama-nama tanaman di Eropa, karena suara yang dihasilkan dinamakan sesuai dengan nama Eropa yaitu pisang, delsi, battalion, welnes dan lain lainnya. Namun belakangan iramanya lebih terdengar lokal, seperti jali-jali, Surilang dan musik dangdut.yang terkenal.

Tarian Betawi adalah hasil peleburan tarian Jaipong dengan koreografi lokal dengan kostum tarian Cina yang istimewa,, terinspirasi dari Opera Beijing.

Related Events

  • Dec 29 2013
    2013 BETAWI DANCE COMPETITION

    Welcoming end year season, Jakarta Tourism and Culture Office (JTCO) held an activity related to Betawi art and cultural performance.

    300 day(s) ago

  • Dec 31 2013
    Jakarta Night Festival 2014

    DKI Jakarta Tourism & Cultural Office will hold JNF (Jakarta Night Festival) to celebrate 2014 New Year Eve. The celebration will be illuminated with fireworks festival and will be attended by Governor of Jakarta.

    298 day(s) ago

  • Feb 19 2014 to Feb 23 2014
    Adiwastra Nusantara 2014 Pameran Inovasi Kreatif Tekstil Tradisional

    Adiwastra Nusantara 2014 Pameran Inovasi Kreatif Tekstil Tradisional

     

    JCC Hall A 129, tanggal 19-23 Februari 2014

    Jakarta, 19 Februari 2014 – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) turut mendukung penyelenggaraan Pameran Adiwastra Nusantara yang berlangsung pada 19-23 Februari 2014, di Jakarta Convention Center, Jakarta, dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

    248 day(s) ago

Related Places

  • Kemang

    As the Kemang area near Kebayoran in South Jakarta is surrounded by homes of foreign diplomats and a highly cosmopolitan community, Kemang has become an urban hangout for the international crowd. Here you will find Fine Dining restaurants serving Italian, Thai, Turkish, American, Japanese, Indonesian cuisine in special surroundings, to popular clubs that stretch out to the outdoors, offering live music in the evening.

    At Kemang supermarkets you can find all sorts of foods and ingredients needed for any international cuisine.